Tips Membuka Usaha Tanpa Modal Besar

Modal merupakan kunci utama dari kesuksesan suatu bisnis. Tanpa modal usaha, membangun bisnis mungkin saja hanya tetap menjadi impian belaka. Dikarenakan hal itulah, banyak pengusaha pemula yang bekerja keras demi mengumpulkan modal untuk mewujudkan impian mereka. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan demi mendapatkan modal yang cukup, mulai dari meminjam ke sanak saudara, teman atau kerabat dekat, kerja paruh waktu, menggunakan uang tabungan, menggadaikan barang berharga, menjual properti, hingga yang tengah marak dilakukan oleh kebanyakan orang saat ini, yaitu meminjam melalui fintech Peer-to-Peer Lending (P2P Lending).

Hanya saja yang perlu diketahui sebelum melakukan peminjaman modal usaha, setiap pengusaha setidaknya harus memiliki gambaran atau perencanaan yang matang mengenai seberapa besar modal yang mereka butuhkan. Hal tersebut berguna agar dana pinjaman tidak melebihi ataupun tidak kurang dari yang dibutuhkan, sehingga anda pun tidak akan kesulitan dalam mengembalikan dana.

Selain itu, perencanaan yang matang juga dibutuhkan agar anda dapat memprediksi apakah bisnis yang anda bangun mampu menutupi hutang yang telah anda lakukan atau tidak. Maka dari itu, yuk kita simak ulasan berikut ini mengenai tips membuka usaha tanpa modal besar.

Tips Membuka Usaha Tanpa Modal Besar

  1. Berjualan Online

Saat ini, mengawali bisnis melalui online memang sudah dilakukan oleh banyak orang atau pengusaha pemula. Hal tersebut dikarenakan, melalui online anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk menyewa lokasi dan tempat. Anda juga tidak perlu mengeluarkan dana untuk membuat banner, poster atau sejenisnya karena seluruh kegiatan marketing dapat dilakukan melalui online.

Anda hanya memerlukan koneksi internet yang mumpuni dan perangkat teknologi. Berjualan online juga jauh lebih hemat karena seluruh kegiatan dapat dilakukan di rumah, kecuali bila anda perlu ke melakukan pengiriman barang kepada customer melalui agen pengiriman dan logistik.

2. Bisnis yang Sederhana

Sebagai pemula, mulailah dari bisnis yang sederhana terlebih dahulu. Misalkan jika anda tertarik di bidang kuliner, maka anda bisa membuat bisnis kue homemade atau minuman yang tidak membutuhkan banyak alat. Dan apabila anda tertarik di bidang fashion, mungkin anda bisa memulainya dari menjadi reseller atau dropshiper guna meminimalisir modal.

3. Dimulai dari Jumlah Kecil

Perlu diingat bahwa sesuatu yang besar pasti diawali dari sesuatu yang kecil. Sebagai contoh, anda bisa mulai berjualan dengan menawari teman dekat atau anggota keluarga terlebih dahulu atau mulai memproduksi barang berdasarkan pesanan. Hal tersebut sangat berguna agar modal yang anda keluarkan tidak akan terlalu besar.

Sebenarnya mengumpulkan modal tidaklah terlalu sulit. Yang perlu anda lakukan ialah membangun keinginan yang kuat dan tentunya konsisten akan apa yang telah anda mulai. Karena seluruh bisnis besar yang ada saat ini pastinya dimulai dari konsistensi yang tiada henti.

Selain itu, bila anda bingung untuk mencari pinjaman modal usaha, jangan ragu untuk melakukan peminjaman di fintech atau lembaga pinjaman online yang ada. Hanya dengan duduk manis di depan komputer atau ponsel, anda sudah bisa mendapatkan modal usaha yang dibutuhkan.

Saat ini sudah banyak fintech terpercaya yang telah terdaftar di OJK yang bisa dijadikan sebagai solusi, salah satunya seperti CekAja.com. Bukan hanya melayani peminjaman modal usaha saja, melalui CekAja.com anda juga bisa melakukan perbandingan mengenai produk pinjaman terbaik dan paling memenuhi kebutuhan anda.

Butuh pinjaman modal usaha? Di CekAja.com saja! Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/small-business-banking/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *