Manfaatkan Lahan Rumah, Ini Ide-ide Usaha Agrobisnis Beserta Keuntungannya

Ingin memulai usaha di rumah, tapi tidak punya lahan besar? Kenapa harus besar, kalau lahan kecil saja bisa menghasilkan uang. Nah, salah satunya adalah dengan membangun usaha agrobisnis di lahan rumah, terlebih hanya dengan lahan kecil Anda sudah bisa memulai usaha agrobisnis yang hanya memerlukan modal minim namun hasil yang lumayan besar.

Anda bisa memulai usaha agrobisnis mungil yang bisa Anda jalankan di lahan rumah kecil, seperti di perkotaan. Nah, berikut ini juga ada beberapa ide usaha agrobisnis yang bisa Anda jalankan. Tidak sulit, beberapa ide usaha agrobisnis ini hanya membutuhkan ketekunan dan keuletan Anda saja loh. Mau tahu? Yuk langsung simak aja:

1. Usaha agrobisnis sayuran hidroponik

Karena susah mencari lahan tanah yang luas di perkotaan, maka dari itu banyak penduduk perkotaan mencoba sistem tanam dengan metode hidroponik. Tidak hanya mudah, metode ini rupanya juga sedang naik daun. Selain itu, sayuran yang ditanam dengan motode hidroponik juga dinilai lebih sehat, karena sayuran ini bebas dari pestisida.

Jika Anda tertarik, jenis usaha agrobisnis ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di perkotaan. Sayuran yang bisa Anda tanam dengan metode hidroponik juga beragam, mulai dari slada, bayam, kangkung, saun bawang dan masih banyak lagi. Anda bisa menggunakan wadah limbah plastik atau paralon yang sudah dilubangi.

Baca Juga: 4 Tips Kembangkan Bisnis Busana Muslim Online

2. Usaha agrobisnis tanaman obat atau jamu

Untuk media tanam dan sistemnya sama seperti tanaman hidroponik, namun tanaman yang Anda tanam adalah tanaman obat atau jamu. Diantaranya adalah tanaman jahe, lengkuas, kunyit, lidah buaya, jeruk nipis.

Anda bisa menjualnya dalam bentuk tanaman beserta tanah dan umbinya, bisa juga menjual jamu yang sudah diolah dan siap diseduh atau diminum. Terlebih, jenis tanaman jamu adalah salah satu tanaman yang mudah ditanam.

3. Agrobisnis tanaman hias

Tidak hanya tanaman yang bisa dikonsumsi, Anda juga bisa membangun usaha agrobisnis yang tidak bisa dimakan alias tanaman hias. Tidak kalah menarikm tanaman hias juga banyak diburu peminat tanaman loh. Salah satunya seperti tanaman hias kaktus mini, bonsai dan masih banyak lagi. Terlebih, harga jual tanaman hias biasanya lebih tinggi, apalagi untuk para pengkolektor tanaman hias, Anda bisa menjualnya hingga jutaan rupiah loh.

Yang Anda butuhkan hanya memperdalam ilmu tentang budidaya tanaman hias serta cara merawatnya. Anda bisa dapatkan ilmunya di internet atau di majalah-majalan tentang tanaman hias.

4. Usaha agrobisnis bibit tanaman

Selain Anda menjual tanamannya, Anda juga bisa membangun usaha jual bibit tanaman. Terlebih, bibit tanaman untuk pohon saha jenisnya sangat beragam, misalnya bibit pohon mangga, bisa memiliki beberapa jenis seperti mangga harum manis, simanalagi, mangga apel dan lain-lain.

5. Usaha agrobisnis jamur tiram

Jamur tiram merupakan salah satu makanan yang biasa disajikan di rumah makan karena rasanya yang lezat dan bergizi. Tapi tahu kah Anda, bahwa budidaya jamur tiram masih sedikit. padahal jamur tiram sangat digemari dan dicari, sehingga jika Anda niat ingin membangun usaha ini, Anda bisa kaya loh.

Anda hanya cukup siapkan lahan untuk membuat ruangan kubung alias bangunan penyimpan jamur. Anda juga perlu menyiapkan pot kecil-kecil. Dan untuk setiap 5.000 buah bag lot atau pot nya, dapat disimpan dikubung sebesar 4×4 meter persegi. Satu pot kecilnya bisa dijual senilai Rp 12.000 hingga Rp 24.000, dan Anda bisa panen jamur selama 4 bulan sekali.

Tidak hanya itu, masih ada usaha agrobisnis lainnya yang tidak kalah mudah dan menguntungkan, seperti usaha tanaman cangkok, jual bibit dan tanama online dan lain-lain. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa klik link berikut ini:

https://www.cekaja.com/info/usaha-agrobisnis-menguntungkan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *