Beda Reaksi, Ini Mengapa Manfaat Minum Air Hangat Lebih Banyak Ketimbang Air Es

Ketika kita minum air hangat dan dingin, pastinya tubuh Anda akan merasakan sensasi yang berbeda, termasuk lambung Anda. Namun, saat air hangat dan dingin tersebut Anda minum, tubuh pun akan bereaksi yakni suhu air akan langsung dinetralkan oleh lambung. Namun jika dilihat, manfaat minum air hangat justru lebih banyak, ketimbang minum air es atau dingin.

Hal itu bisa terjadi karena ketika Anda minum air hangat, usus akan melakukan peningkatan pergerakan, sehingga jika Anda merasa begah, hal itu bisa cepat menghilang. Bahkan tidak sedikit yang diikuti dengan buang angin.

Nah, sementara jika Anda minum air es atau minuman yang sangat dingin, hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya kram perut. Maka dari itu, minum air hangat sebenarnya sangat dianjurkan. Terlebih, tubuh juga sangat membutuhkan asupan air minum 7-8 gelas sehari.

Dibalik banyaknya manfaat minum air hangat, ternyata sudah diketahui sejak dulu. Bahkan telah menjadi rahasia pengobatan China dan India kuno. Caranya cukup memulai hari dengan meminum segelas air hangat setiap kali bangun tidur di pagi hari.

Dan jika dilihat berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, minum air hangat secara rutin ternyata bisa memiliki manfaat setidaknya ada 8 manfaat bagi tubuh. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Menurunkan berat badan

Meski sederhana, namun minum air hangat secara rutin ternyata bisa membantu menurunkan berat badan loh. Hal itu bisa terjadi karena, ketika Anda minum air hangat, sama saja dengan meminum cairan peluruh cadangan lemak yang tersimpan di dalam tubuh. Sehingga, hal tersebut bisa menurunkan berat badan akibat lemak yang menumpuk.

Namun, akan lebih baik lagi, jika Anda mencampurkan air hangat dengan perasan jeruk lemon dan madu setiap habis makan. Karena lemon, mengandung serat pektin yang mampu mengontrol rasa lapar serta ideal untuk orang-orang yang sedang menjalani diet alkaline.

Baca Juga: Tips Agar Pengajuan Kartu Kredit Citibank Disetujui

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat yang kedua adalah untuk melancarkan pencernaan. Dengan air hangat, saluran pencernaan akan terhidrasi dan terlumasi lebih baik dan mampu mengeliminasi sampah dengan lebih cepat seiring mengalirnya air hangat melalui perut dan usus.

3. Melegakan syaraf dan meredakan stres

Tidak hanya untuk saluran pencernaan, minum air hangat juga bermanfaat untuk melegakan sistem syaraf pusat. Nah, dengan fungsi syaraf yang optimal, maka fungsi tubuh yang lain pun akan berjalan dengan baik.

Tapi tidak hanya itu, selain bisa melegakan syaraf dan tubuh menjadi lebih baik, itu artinya otot-otot pun juga ikut rileks yang juga akan bermanfaat bagi pikiran yakni bisa meredakan stres.

4. Mengobati sakit kepala dan hidung tersumbat

Tidak hanya diminum, ternyata ada manfaat lain dari air hangat yaitu dengan cara dihirup uap panasnya. Uap panas yang dihasilkan air hangat, bisa melonggarkan membran mukasa pada leher dan mencegahnya terbentuk lagi. Maka dari itu sangat bermanfaat untuk melegakan sakit kepala dan juga hidung tersumbat.

5. Mengobati sembelit

Selanjutnya adalah untuk sembelit alias konstipasi, yang merupakan masalah pada perut akibat kurang mengonsumsi air. Kemalasan kamu dalam meminum air akan menyebabkan penumpukan kotoran pada usus yang otomatis mengurangi kinerja saluran usus besar. Ujungnya, kamu akan merasa sakit yang luar biasa ketika buang air besar.

Minumlah segelas air hangat di pagi hari untuk mengobati konstipasi dan meningkatkan kerja usus besar. Sebab cairan tersebut bisa membantu usus untuk berkontraksi dan mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh

Untuk mengetahui manfaat selanjutnya dari air hangat, silahkan klik link di bawah ini:

https://www.cekaja.com/info/rutin-minum-air-hangat-manjur-buat-diet-sampai-mengusir-stres/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *